SELARAS Realty

SELARAS Realty
Jual Beli Rumah - SELARAS Realty - Jakarta Indonesia

Sunday, June 5, 2011

Tips Menjual Rumah Agar Tidak Kecewa

Anda ingin menjual rumah dengan cepat tapi tidak mau rugi? Berikut ini bisa menjadi panduan yang penting dilakukan sebelum Anda memasang spanduk atau papan "Dijual" di depan rumah.
Anda lihat dan bandingkan rumah Anda dengan rumah tetangga serta di lingkungan. Bayangkan Anda sedang berkompetisi untuk menarik calon pembeli. Apa yang terlintas di benak Anda ketika harus berkompetisi dengan rumah cantik di sebelah atau di ujung jalan depan rumah?
Calon pembeli kemungkinan besar akan memutuskan akan membeli rumah Anda dalam waktu 30 detik setelah memasuki rumah yang terlihat cantik dan rapi.
Belanjakan sedikit untuk mendapatkan nilai jauh lebih tinggi. Ingatlah bahwa kondisi rumah hampir sama pentingnya dengan lokasi. Kebanyakan broker yg berpengalaman setuju bahwa merenovasi atau mendekorasi rumah Anda berhasil memecahkan penjualan dan segala perbaikan itu relatif murah dibanding naiknya nilai jual rumah Anda.
Apabila calon pembeli berpikir bahwa mereka tak perlu melakukan perubahan apapun untuk pindah ke rumah yang akan mereka beli, mereka bersedia membayar lebih. Sebaliknya bila mereka berpikir harus mencat, mengganti plafon, memperbaiki lantai, mereka cenderung untuk menekan harga rumah. Mayoritas pembeli tidak memiliki dana berlebih untuk bisa langsung merenovasi rumah yang baru dibeli.
Kesan pertama mungkin menjadi salah satu aspek utama. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk mempercantik dan membenahi interior maupun eksterior rumah. Terutama bagian depan rumah Anda. Terkadang, ungkapan "Jangan menebak isi buku hanya dari sampulnya saja" bisa tidak berlaku dalam kondisi ini.
Usahakanlah agar penampilan bagian depan rumah Anda langsung memikat orang yang melihat. Bagian depan yang tampak bagus dan indah kerap disarankan oleh sejumlah pakar di bidang broker properti.
Cara mempercantik bagian depan rumah antara lain dengan sedikit merenovasi fisik bangunan. Bisa berupa mengecat tembok bagian luar, mengganti plafon teras yang mungkin sudah bocor.
Bisa juga dengan memperbaharui taman. Cara ini diantaranya dengan memangkas tanaman agar lebih terlihat cantik dan tertata rapi. Atau mengganti tanaman yang layu dengan tanaman baru. Jangan lupa, potonglah dahan pohon yang menutupi bagian muka rumah Anda.
Pindahkan pot-pot gantung yang menghalangi cahaya masuk kerumah Anda. Jika di taman depan rumah dipercantik oleh kolam ikan, Anda bisa menguras atau mengganti air kolam ikan agar terlihat lebih jernih.
Bagian dalam rumah juga perlu mendapat sedikit sentuhan. Jangan sampai pembeli mendapat kesan kalau pemilik rumah tidak merawat rumah dengan baik. Untuk itu, sentuhan cita rasa seni bisa diAndalkan. Misalnya, Anda bisa menggantungkan sejumlah lukisan dengan bingkai di tempat kosong dari tembok ruang tamu atau kamar tidur Anda. Patung-patung atau ukiran etnis rasanya bisa menjadi alternatif pemanis di sudut ruang tamu atau ruang keluarga.
Buanglah perabotan yang berukuran besar, apalagi untuk rumah tipe kecil. Untuk rumah semacam ini, furnitur dengan desain minimalis paling sesuai. Calon pembeli umumnya enggan membeli rumah yang terlihat terlalu dipadati begitu banyak barang-barang. Sebab mereka tidak bisa membayangkan punya ruang yang cukup luas untuk tinggal. Anda harus membuat calon pembeli merasa nyaman begitu mereka masuk pertama kali.
Untuk mengakali ruang yang sempit, cermin bisa menjadi solusi terbaik. Dengan harga yang relatif murah, cermin yang terpasang di salah satu bagian tembok ruangan Anda bisa memberi kesan lapang.
Selain itu bau tidak sedap juga bisa menggagalkan penjualan rumah. Contohnya bagaimana rumah yang sangat menarik tapi tidak sukses terjual 'hanya' gara-gara bau hamster dari ruang anak si pemilik rumah.
Terakhir, kalau serius mau menjual rumah, Anda harus mulai mengemasi barang-barang Anda, jangan hanya menyimpan dalam lemari atau laci.

No comments:

Post a Comment