SELARAS Realty

SELARAS Realty
Jual Beli Rumah - SELARAS Realty - Jakarta Indonesia

Tuesday, May 31, 2011

Menilai Rumah yang akan Dijual atau Dibeli

Ketika anda dilapangan sedang mencari rumah idaman anda, atau sedang membaca brosur-brosur yang anda minta saat pameran properti.

Anda melihat banyak sekali rumah yang ditawarkan. Pasti anda akan membandingkan satu rumah dengan rumah yang lainnya.
Ada beberapa tips untuk menilai rumah yang akan anda beli, apakah harga rumah tersebut kemahalan / murah. Penilaian kasar bisa anda lakukan dengan menghitung dari Luas Tanah (LT) dan Luas Bangunan(LB). Misal dijual rumah dengan spesifikasi LT/LB : 100 / 200 m2. Ini berarti luas tanah 100 m2 dan bangunannanya merupakan bangunan dua lantai dengan luas 200 m2.
Untuk menghitung harga rumah tersebut anda harus mencari tahu harga tanah di daerah tersebut. Dan untuk menilai rumah anda bisa melihat dari kondisi rumah. Untuk menilai bangunan perlu ada pengalaman anda harus taksir per meternya berapa, anda bisa menanyakan ke orang bangunan / kontruksi. Atau para rekan-rekan Agen Property biasanya melakukan penilaian khusus untuk harga bangunan dengan melihat : kondisi fisik, jenis material yang digunakan (konstruksi dining, jenis keramik,plint-an,jenis genteng dan atap/plafon,dll), fasilitas tambahan (line telepon,daya listrik,kolam renang,kapasitas parkiran,dll). 

Selanjutnya untuk menilai harga rumah tersebut tinggal menggunakan rumus berikut:
Harga bangunan = Luas bangunan x harga bangunan per m2
Harga tanah = Luas tanah x harga tanah per m2
Total dari harga bangunan dan harga tanah adalah merupakan harga kasar dari rumah tersebut. 
Dengan menghitung seperti ini, anda bisa memastikan bahwa rumah yang dijual tersebut harganya di atas harga pasar atau harganya miring.

No comments:

Post a Comment